Strategi Bisnis Pengiriman Barang di Tengah Masa Pandemi

Ketika masyarakat harus di rumah saja selama masa pandemi covid 19 seperti sekarang ini memang membuat banyak orang terkena dampak khususnya dalam bidang perekonomian. Namun ternyata untuk bisnis pengiriman terutama ekspedisi Surabaya Makassar justru mengalami peningkatan. Tercatat pengiriman paket dari daerah Surabaya mencapai kenaikan hingga 60 persen lebih sejak masa pandemi diberlakukan.

Strategi Bisnis Pengiriman Barang Untuk Tetap Eksis di Tengah Masa Pandemi

Mungkin banyak orang yang merasa khawatir untuk menerima paket yang berasal dari luar daerah. Namun ternyata, yang lebih khawatir untuk keluar rumah dan membeli perlengkapan kebutuhan sehari-hari serta memilih untuk tetap berada di rumah saja lebih banyak. Terbukti ada banyak pengiriman paket yang berisi bahan kebutuhan pokok yang dilakukan masyarakat yang tersebar di seluruh Indonesia.

Bisnis pengiriman umumnya menekankan pada beberapa hal, diantaranya adalah kecepatan pengiriman, keamanan pengiriman, dan daya jangkau pengiriman yang luas. Agar supaya bisnis ini tetap bisa eksis meski menghadapi masa pandemi seperti sekarang ini maka harus dilakukan beberapa strategi khusus. Berikut ulasannya untuk Anda.

  1. Tentukan daerah jangkauan dan alat transportasi yang dipakai

Jika Anda bisa mencermati, terhitung ada beberapa usaha ekspedisi Surabaya Makassar baru yang berani bersaing ketat dengan usaha ekspedisi yang sudah lama berkecimpung di bidang usaha pengiriman ini. Dan ketika mereka bisa memberikan pelayanan yang lebih baik, maka kepuasan pelanggan yang akan menentukan mereka akan tetap setia menggunakan jasa ekspedisi yang lama atau yang baru.

Dalam hal ini strategi yang baru yang bisa dilakukan adalah dengan memperluas jangkauan pengiriman dan menyediakan aneka jenis pengiriman yang dilakukan melalui darat, laut dan udara.

  1. Tentukan jenis pengiriman

Kemudian untuk strategi yang kedua adalah untuk menentukan jenis pengiriman yang bisa dilayani. Biasanya ekspedisi akan melayani dua jenis pengiriman. Yang pertama adalah jenis pengiriman biasa yang meliputi pengiriman surat-surat, dokumen rahasia hingga paket kecil. Kemudian jenis pengiriman kargo untuk makanan, kebutuhan medis, industri dan lain sebagainya.

  1. Tentukan biaya pengiriman

Dalam hal ini menentukan biaya yang bisa dengan jelas bersaing  ketat dengan ekspedisi kompetitor menjadi strategi yang juga efektif. Lakukan penghitungan biaya rata-rata, jam operasional, biaya tambahan dan batas pengiriman barang sehingga bisa didapat harga terbaik yang paling bersaing untuk biaya layanan jasa ekspedisi Anda.

  1. Promosikan bisnis

Kemudian yang terakhir adalah dengan mempromosikan bisnis pengiriman yang tengah Anda tekuni. Anda bisa menggunakan media sosial atau bekerja sama dengan platform market place terkenal yang ada di Indonesia. Promosi juga bisa dilakukan dengan menyediakan layanan gratis layanan pick up paket dengan beberapa ketentuan. Serta memberitahukan pada pelanggan bahwa seluruh staf dan karyawan dalam ekspedisi Surabaya Makassar milik Anda melakukan semua prosedur pengiriman sesuai dengan protokol kesehatan yang berlaku.

Agar Tetap Eksis  Jalankan Bisnis Pengiriman di Tengah Masa Pandemi

Setelah mengetahui apa saja strategi yang bisa dilakukan untuk memulai bisnis pengiriman di tengah masa pandemi seperti saat ini. Selanjutnya adalah melakukan kiat agar supaya tetap eksis menjalankan bisnis pengiriman di tengah masa pandemi seperti saat ini. Yaitu dengan melakukan pelatihan pada kurir yang bertugas.

Dari mulai bagaimana cara mengambil paket dari pemiliknya, menyampaikan paket dengan aman pada pihak penerima paket dan memproses paket agar supaya tetap aman diterima oleh pihak pemilik paket. Sekian informasi untuk strategi menjalankan usaha ekspedisi Surabaya Makassar di tengah masa pandemi seperti saat ini.