8 Kisah Inspiratif Dari Pengusaha Sukses Indonesia

Sekarang ini banyak orang yang lebih tertarik membuka usaha. Banyak pertimbangan yang membuat dunia usaha kembali dilirik. Salah satunya karena berbagai kisah sukses para pengusaha Indonesia yang bisa menjadi inspirasi.

Kali ini Anda bisa membaca sedikit kisah sukses dari 8 pengusaha dari Indonesia yang sangat inspiratif.

1.    Bob Sadino

Almarhum Bambang Mustari Sadino merupakan pengusaha sukses yang sudah merasakan jatuh bangun dalam dunia usaha. Almarhum pernah merasakan sembilan tahun menjadi pegawai, kemudian memutuskan berhenti dan beralih menjadi pengusaha. Ia merintis penyewaan mobil hingga terjadi kecelakaan. Pada akhirnya ia membuka bisnis lain seperti ternak ayam dan telur hingga akhirnya berkembang dan memiliki banyak produk dari peternakan dan pertanian.

2.    Susi Pudjiastuti

Mantan Menteri Kelautan dan Perikanan RI ini juga dikenal sebagai pengusaha sukses. Bisnis perikanan dan maskapai penerbangan ia mulai dari nol. Setelah memutuskan berhenti sekolah, ia mencoba berdagang bed cover dan pakaian. Namun karena melihat potensi perikanan di wilayahnya, ia kemudian beralih memasarkan ikan hingga akhirnya bisa merambah ke ekspor ikan dan lobster. Bahkan bisnis maskapai penerbangan juga diawali oleh bisnis perikanan yang dimilikinya.

3.    Reza Nurhilman

Jika belum mengenal nama ini, maka “kripik setan” Maicih pasti terdengar tidak asing. Reza adalah pemuda dibalik produk yang populer tersebut. Bisnisnya dimulai sendiri pada pertengahan 2010. Dengan pemasaran sederhana menggunakan media sosial, bisnisnya mulai berkembang pesat. Cara memasarkannya pun cukup unik dengan berkeliling dan tidak memiliki toko khusus.

4.    Sunny Kamengmau

Jika pernah mendengar tas tangan dengan merek Robita yang populer di Jepang, maka nama dibaliknya adalah Sunny Kamengmau. Pemuda asal Nusa Tenggara Timur tersebut merupakan pengusaha sukses yang ternyata tidak lulus SMA. Ia hanya bermodal nekat namun tetap bekerja keras. Ia mulai dari bekerja dan menyisihkan uang hingga akhirnya mencoba menjual tas kulit buatannya ke Jepang.

5.    Gibran Rakabuming

Sebagai anak dari seorang presiden tentu banyak yang mengenal namanya. Gibran merupakan pemilik bisnis catering dan wedding organizer yang bernama Chili Pari. Usahanya didirikan tanpa adanya campur tangan dari sang ayah. Modal pun merupakan pinjaman dari bank. Karena kemampuan dan keuletan yang dimiliki, bisnisnya kini sudah begitu terkenal dan mampu menangani order dalam jumlah besar.

6.    Nicholas Kurniawan

Nicholas Kurniawan merupakan pengusaha sukses yang di usia muda sudah menjadi eksportir ikan hias. Bisnisnya berawal dari kondisi keluarga yang susah dan banyak utang. Dengan tujuan merubah nasib, ia mencoba berbagai bisnis, hingga akhirnya membuka bisnis menjual ikan hias melalui Kaskus.

7.    Hamzah Izzulhaq

Ilham juga merupakan pengusaha sukses di usia muda. Bakatnya terlihat dari kecil dengan berjualan kelereng, koran, petasan, bahkan ojek payung dan tukang parkir. Kemudian ia mencoba bisnis waralaba bimbel yang sekarang ini sudah berkembang dan dikenal dengan CV Hamasa Indonesia.

8.    Yasa Singgih

Terjun ke dunia bisnis di usia muda, ia mulai bisnis sebagai pembawa acara ulang tahun dan musik. Kemudian merambah ke bisnis online menjual lampu hias dan beralih menjadi bisnis mode. Akhirnya ia memiliki brand sendiri bernama Mens Republic yang merupakan brand pakaian miliknya. Ada juga bisnis konsultasi manajemen MS Consulting hingga perumahan.

Beberapa kisah inspiratif seperti di atas bisa menjadi contoh. Kesuksesan pasti bisa didapatkan dengan kerja keras. Semoga kita juga bisa menjadi pengusaha sukses seperti mereka.