Kisah Sukses Para Pengusaha Muda

Setiap orang pastinya membutuhkan yang namanya uang untuk beragam hal, mulai dari membeli barang yang mereka inginkan, memenuhi kebutuhan yang mereka perlukan, bepergian ke tempat-tempat yang ingin dikunjungi, beramal ke sesama, dan lain sebagainya. Tentunya uang tersebut tidak jatuh dari langit atau tumbuh dari pohon. Uang pastinya harus dicari dengan usaha dan ada banyak cara untuk melakukan hal tersebut.

Salah satunya adalah dengan berbisnis. Dahulu banyak yang merasa jika berbisnis hanya bisa dilakukan oleh mereka yang sudah berumur saja. Namun ternyata ada banyak pemuda yang memulai bisnis dari usia muda dan berhasil menginspirasi banyak anak muda untuk tidak malu dan takut memulai bisnis. Nah, pada kesempatan kali ini, kami akan membahas beberapa kisah sukses para pengusaha muda.

Beberapa Kisah Pengusaha Muda yang Sukses

Meskipun usianya terbilang muda, namun mereka bisa membuktikan jika mereka menjadi pengusaha yang sukses. Meskipun begitu, ada banyak rintangan yang harus mereka hadapi sebelum meraih kesuksesan seperti sekarang. Berikut adalah beberapa di antaranya.

  1. Tirta Mandira Hudi

Banyak dari kita yang mungkin sudah mengenal orang yang satu ini, karena di masa pandemi seperti sekarang ini beliau memang aktif dalam melakukan kampanye dan bantuan dalam menghadapi Covid-19. Pria yang lebih sering dipanggil dr. Tirta ini memang jadi satu orang ternama saat ini. Meskipun ia bergelar dokter, namun ia lebih memilih membuka bisnis. Kegiatan bisnis sendiri memang tidak asing untuk dirinya, sebab semasa kuliah ia sudah mulai berbisnis, dari gorengan sampai jam tangan. Ia pun mulai menjalani bisnis yang berasal dari kesukaannya, yaitu sepatu sneaker. Sebagai pecinta sneaker yang tahu bagaimana merawat sepatu, ia lantas memulai bisnis cuci sepatunya, yaitu Shoes and Care. Bisnis yang ia jalani ini ternyata semakin besar dan membuat ia bisa membuka banyak cabang di berbagai kota.

  1. Rico Huang

Nama yang satu ini juga bisa dibilang tidak asing bagi banyak orang. Sebelum menjadi sesukses sekarang, ia melalui kondisi yang terbilang sulit. Keuangan keluarga yang sulit akhirnya menuntut ia untuk mulai berwirausaha sejak SMP. Ada banyak bisnis yang ia jalani seperti mie ayam, aksesoris hape, kaos, dan lainnya namun hasilnya malah merugi, Hal ini tentunya tidak membuat ia pantang menyerah. Ia lantas mulai berbisnis custom casing hape dan menjualnya secara online. Bisnis ini ternyata berjalan sukses. Saat ini ia mulai membuka bisnis bernama DropshipAja.

Kiat Dalam Menjalankan Bisnis

Setelah kita mengetahui kisah para pengusaha yang sukses di usia muda, tentunya kita juga berkeinginan untuk bisa mencapai hal tersebut. Nah, kali ini kami akan membahas kiat dalam berbisnis.

  1. Jangan takut ambil risiko

Saat Anda akan memulai suatu bisnis, tentunya akan muncul ketakutan-ketakutan yang mengganggu dan membuat kita ragu. Bagi Anda yang ingin menjalankan bisnis, Anda harus membuang jauh-jauh keraguan tersebut dan mulai berani mengambil risiko.

  1. Persiapkan segala hal

Meskipun tidak perlu takut mengambil risiko, namun tidak serta merta membuat Anda langsung mengambil langkah tanpa adanya perhitungan. Oleh karena itu, Anda perlu memperhatikan betul rencana secara matang agar nantinya bisa meminimalisir kerugian.

  1. Perbaiki diri Anda

Saat Anda ingin menjalankan bisnis, Anda tentunya harus bisa berkembang menjadi pribadi yang lebih baik. Beberapa hal seperti manajemen waktu, pengendalian emosi, masalah komunikasi tentunya harus Anda perbaiki.

  1. Jangan malu untuk belajar

Berbisnis sendiri adalah suatu proses yang berlanjut. Tentunya Anda juga harus tetap belajar selama proses tersebut. Jangan pernah malu untuk tetap belajar dari mana saja, mulai dari buku, seminar, ataupun mentor.

Itulah tadi beberapa kisah dari pengusaha muda dan kiat agar bisa berbisnis secara baik. Untuk pembahasan lain mengenai bisnis, Anda bisa membaca di wikifestera.com ya!