Rumah Tapak Lebih Dipilih Dari Pada Apartemen

Rumah dan apartemen menjadi pilihan tempat tinggal. Sebenarnya baik itu rumah tapakĀ  serta apartemen memiliki kelebihan tersendiri dan kekurangannya. Hal yang paling penting yaitu adalah memilih tempat tinggal sesuai dengan kebutuhan dan prioritas. Bagi kamu semua yang ingin mempunyai tempat tinggal impian dengan denah rumah minimalis, maka harus tahu rumah tapak ini memiliki keunggulan apa saja.

Dampak Pandemi Yang Menjadikan Rumah Tapak Lebih Dipilih Dibandingkan Apartemen

Pandemi Covid-19 memang telah membuat konsumen merubah kebiasaan mereka dan membatasi pilihan dalam kesehariannya. Saat-saat seperti ini, memang lebih baik memilih tempat tinggal yang lebih terbuka. Maka dari itu, wajar kalau permintaan rumah tapak lebih besar dibandingkan dengan apartemen sekarang ini.

Beberapa Alasan Banyak Yang Memilih Rumah Tapak

Penghuni rumah tapak tidak harus lagi berbagi lift dengan orang lain sehingga berbeda dengan apartemen. Tetapi sebenarnya bukan hanya itu saja, ada berbagai poin kelebihan lainnya dari memilih rumah tapak sebagai tempat tinggal.

Biaya Bulanan Tidak Terlalu Tinggi

Biaya bulanan untuk rumah tapak seputar biaya listrik, air dan telepon. Jika kamu memilih apartemen sebagai tempat tinggal, maka selain biaya-biaya itu, kamu harus membayar lagi iuran lainnya. Misalnya perawatan fasilitas di gedung apartemen yang biasanya tidak sedikit. Terutama kalau kamu tinggal pada apartemen yang cukup mewah serta dengan fasilitas lengkap, maka tentu akan lebih besar lagi biayanya.

Walau tinggal di dalam rumah, memang tetap akan perlu membayar misal iuran keamanan serta kebersihan. Tetapi tentunya biaya tersebut yang dikeluarkan lebih rendah dibandingkan di apartemen. Selain itu, memang akan lebih murah lagi jika kita tinggal di rumah yang biasa sebagai alternatif pilihan lain.

Lebih Fleksibel Mendesain Rumah

Bagi mereka yang memilih cita-cita hunian impian denah rumah minimalis, maka tentu akan lebih memilih rumah tapak. Tiap orang memiliki gaya desain hunian yang berbeda-beda. Kalau kamu memilih tinggal di hunian rumah tapak, maka eksplorasi desain rumah lebih memungkinkan untuk dilakukan maksimal.

Dari desain luar rumah hingga bagian interior, maka kamu bebas untuk berkreasi agar bisa mewujudkan desain hunian yang dicita-citakan dari dulu. Apartemen tentunya sudah mempunyai standar desain tertentu berdasarkan pengelola apartemen terkait. Sehingga hanya desain interior saja yang menjadi area untuk berkreasi jika tinggal di hunian apartemen.

Rumah Tapak Cocok Sebagai Modal Berinvestasi Jangka Panjang

Kepemilikan rumah tapak tentu beda dengan apartemen, akan ada kepemilikan terhadap tanah sebagai tempat rumahnya dibangun. Apartemen sendiri hanya memberi hak guna terhadap bangunan tanpa adanya kepemilikan tanah. Sementara harga tanah sendiri tentu yang cenderung naik membuat nilai harga rumah tapak cepat naik juga dibandingkan apartemen. Lebih bijak jika ingin berinvestasi, maka miliki hunian rumah tapak karena cocok jika berinvestasi jangka panjang.

Ada Halaman Pada Hunian Rumah Tapak

Keunggulan lainnya jika mempunyai rumah tapak dari pada memiliki apartemen yaitu kamu dapat mempunyai halaman rumah juga. Hal ini sering menjadi alasan mengapa banyak yang cenderung ingin mempunyai rumah sebagai tempat hunian. Adanya halaman rumah bisa memungkinkan kamu memarkir mobil dan membuat taman terbuka yang hijau. Sehingga bisa membuat suasana tempat tinggal lebih segar.

Meski memang ada fasilitas parkir, tinggal di hunian apartemen masih mengharuskan kamu menuju tempat atau gedung parkirnya. Maka bisa dibilang kalau rumah tapak jauh lebih praktis terutama jika punya kendaraan. Itulah beberapa keuntungan rumah tapak, kamu juga bisa menerapkan denah rumah minimalis yang kini tengah populer.