Sukses Masuk Universitas Paling Favorit di Indonesia

Akhir-akhir ini banyak yang mencari Link Pengumuman SBMPTN 2021 setelah pengumuman resmi dikeluarkan. Meski masa pandemi covid 19 masih berlangsung di Indonesia, namun semangat generasi muda ternyata masih sangat antusias untuk mencoba sbmptn yang diadakan pada tahun 2021 ini.

Pada tahun ini, beberapa universitas favorit masih menduduki peringkatnya seperti tahun yang lalu. Dimana ada beberapa universitas yang selalu diminati oleh lulusan SMA yang ada di Indonesia. Apa saja universitas itu? Artikel berikut akan mengulasnya untuk Anda.

Daftar Universitas Paling Favorit di Indonesia

Memilih sebuah universitas atau sekolah tinggi untuk kuliah memang tidaklah mudah. Beberapa calon mahasiswa memilih universitas favorit karena memiliki kualitas pendidikan yang bagus. Namun beberapa lainnya memilih hanya untuk gengsi semata. Berikut beberapa universitas paling favorit di kalangan anak muda di Indonesia.

  1. UGM

Universitas paling favorit yang pertama adalah Universitas Gadjah Mada. Universitas ini berlokasi di kota Jogja yang ada di Jawa Tengah. Dikenal sebagai kota budaya dan kota pelajar, Jogja menjadi salah satu tujuan calon mahasiswa lainnya. UGM dikenal memiliki banyak jurusan dan program studi pilihan dengan kualitas terbaik.

  1. UI

Universitas Indonesia berlokasi di Depok. UI menjadi universitas terbaik ke 59 se-Asia yang menjadikannya banyak diburu oleh calon mahasiswa dari berbagai daerah di Indonesia. Universitas ini memiliki banyak jurusan dan program studi bergengsi. Bahkan Link Pengumuman SBMPTN 2021 universitas ini bisa mengalami eror karena terlalu banyak yang mengaksesnya.

  1. ITB

Adalah Institut Teknologi Bandung yaitu salah satu institut yang paling difavoritkan oleh mereka yang mendalami ilmu teknik. Banyak pula yang memilih kota Bandung sebagai kota tempat mereka menuntut ilmu.

  1. IPB

Institut Pertanian Bogor menjadi institut favorit yang ke empat di Indonesia. Masuk ke institut ini terbilang cukup sulit karena persaingan tinggi dan kuota yang terbatas. Institut ini menawarkan berbagai jurusan pendidikan bidang agrikultur hingga jurusan kehutanan.

Tips Sukses Lolos Seleksi Masuk Universitas Favorit

Jika Anda berencana untuk masuk ke salah satu dari beberapa universitas yang disebutkan di atas, maka sebaiknya ketahui beberapa tips sukses untuk bisa lolos seleksi masuk universitas favorit tersebut.

Tips yang pertama adalah dengan mengenali kemampuan diri. Anda harus mengetahui dengan baik apa potensi dan bakat yang Anda miliki. Sehingga setelah Anda menemukan Link Pengumuman SBMPTN 2021 dan mengetahui ternyata ada beberapa seleksi yang lolos maka Anda tahu harus mengambil yang mana.

Tips yang kedua adalah  dengan membuat  target pencapaian prestasi akademik dan non akademik. Bahwa untuk bisa lolos seleksi penerimaan mahasiswa, bukan hanya dengan mengandalkan hasil tes saja. Namun Anda juga harus memiliki riwayat prestasi akademik dan non akademik yang bagus. Selain itu memiliki portofolio yang berkualitas juga sangat menentukan peluang diterima atau tidaknya Anda dalam seleksi penerimaan mahasiswa.

Anda juga bisa membuat pemetaan persaingan universitas yang Anda lalui. Hal yang bisa Anda lakukan adalah dengan membuat perbandingan dengan rasio jumlah peminat dengan jumlah kursi yang tersedia. Dengan begitu Anda bisa mengenal seberapa jauh peluang yang Anda miliki.

Kemudian tips yang berikutnya adalah dengan menggunakan strategi yang tepat agar bisa dengan sukses lolos seleksi. Ada banyak strategi yang dibagikan di internet terkait seleksi penerimaan mahasiswa dari tahun ke tahun.

Dan tips yang terakhir adalah dengan membuat perencanaan keuangan yang maksimal. Jangan sampai Anda memiliki kendala keuangan setelah Anda berhasil masuk ke universitas yang Anda inginkan. Oleh karena itu, sebaiknya cari tahu dengan lengkap info tentang pembiayaan selama perkuliahan berlangsung. Lakukan hal itu segera setelah mengakses Link Pengumuman SBMPTN 2021.