Susah Mendapatkan Pekerjaan di Masa Pandemi?

Tidak bisa dipungkiri bahwa pandemi Covid-19 yang sudah berlangsung hampir 2 tahun ini membuat banyak hal menjadi sulit, salah satunya adalah melamar pekerjaan. Padahal sebelum adanya pandemi, mencari pekerjaan juga sudah cukup sulit karena persaingannya yang ketat.

Contoh surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris bisa kamu lihat dan pelajari supaya bisa bertahan di persaingan kerja yang ketat. Sebab banyak perusahaan yang sekarang lebih tertarik mempekerjakan orang yang menguasai bahasa Inggris, baik aktif maupun pasif.

Hal lain yang juga mempersulit mendapatkan pekerkerjaan di masa pandemi ini adalah usia, dimana ketika pengangguran yang telah berusia “tua” bersaing mencari pekerjaan akan kalah dengan yang masih muda. Sebab semakin tua usia, peluang mendapatkan pekerjaan akan semakin kecil.

Tips Mencari Kerja di Masa Pandemi

Menurut catatan pada Badan Pusat Statistik, angka pengangguran di Indonesia di masa pandemi sekarang ini tepatnya per bulan Agustus 2020 sudah sebanyak 138,22 juta orang. Dari data tersebut, menunjukkan bahwa banyak orang yang sedang berusaha mencari pekerjaan di masa pandemi.

Ditambah banyak perusahaan yang malah mengurangi jumlah karyawan mereka, sehingga tidak banyak perusahaan yang membuka lowongan pekerjaan baru. Namun seiring waktu berjalan, sudah banyak rekrutmen yang sudah tersedia bagi calon pelamar kerja. Agar kamu bisa mendapatkan pekerjaan di masa pandemi sekarang ini, berikut tips yang bisa admin bagikan.

  • Jangan pilih-pilih Pekerjaan

Bekerja sesuai passion tentu merupakan impian banyak orang, namun tidak jika kamu masih mencari kerja apalagi di masa pandemi seperti sekarang ini. Sebab jika kamu masih memilih pekerjaan yang cocok dan sesuai dengan passion, kamu tidak akan bisa mendapatkan pekerjaan dengan cepat.

Sebab jika kamu masih pilih-pilih pekerjaan, akan sulit nantinya mencari pekerjaan yang benar-benar cocok. Cobalah untuk melamar berbagai pekerjaan yang sesuai dengan tingkat pendidikan dan juga skill yang kamu punya, bukan yang sesuai dengan passion kamu.

  • Memperbaiki resume

Salah satu faktor yang membuat banyak orang tidak diterima kerja dalam sebuah perusahaan adalah resume CV yang tidak menarik. Maka dari itu kamu harus pastikan bahwa resume yang kamu buat padat, jelas, dan juga informatif.

Kamu bisa membaca Contoh surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris apabila perusahaan mengharuskan calon pelamar menggunakan bahasa Inggris pada resume. Sebab dengan resume yang baik, kemungkinan besar resume kamu akan dipilih oleh tim HRD dan bisa lanjut ke tahap interview sampai diterima bekerja.

  • Mencari Lowongan Pekerjaan di Berbagai Tempat

Masa pandemi memang membuat lowongan kerja semakin sulit di cari karena kebanyakan perusahaan sekarang justru mengurangi jumlah karyawan mereka. Maka dari itu kamu harus berusaha untuk bisa mencari lowongan di berbagai tempat.

Jangan hanya terpaku pada satu atau dua tempat saja, namun kamu harus lebih aktif lagi. Kamu bisa memanfaatkan situs pencari kerja yang ada di internet dan juga media sosial seperti Instagram dan Facebook.

Pantang Menyerah dan Berusaha Keras merupakan Kunci Penting

Itu tadi beberapa tips yang bisa admin sampaikan kepada kamu semua cara mencari pekerjaan di masa pandemi Covid-19. Walaupun mencari kerja sekarang ini lebih sulit dari biasanya, namun kamu harus pantang menyerah dan juga berusaha keras sampai kamu bisa diterima bekerja.

Kamu bisa membaca Contoh surat lamaran pekerjaan dalam bahasa Inggris sebagai referensi dalam menulis surat lamaran kerja. Demikian informasi kali ini, semoga bisa bermanfaat dan membantu kamu mencari pekerjaan.