Berbagi Cerita Membangun Rumah Dari Nol

Rumah memang merupakan kebutuhan pokok bagi semua orang, dan kendala yang paling besar pada saat membangun rumah tangga. Banyak jasa arsitek rumah di Surabaya yang menjadi saksi perjuangan para keluarga untuk bisa memiliki rumah sendiri dengan cara membangun. Memang biasanya orang tidak langsung memutuskan untuk membangun rumah sendiri dari nol, ada banyak kisahnya. Banyak keluarga yang pada dasarnya kesulitan pada saat memulai rumah tangga karena tidak memiliki rumah sendiri dan akhirnya menggunakan berbagai cara untuk mendapatkannya. Dan biasanya pilihan membangun sendiri itu adalah pilihan terakhir. Dan pada kesempatan ini kami akan bagikan cerita yang mungkin dirasakan oleh banyak keluarga pada saat akan memiliki rumah.

Kontrak Rumah

Kebanyakan keluarga yang mungkin terbilang kurang mampu namun menginginkan untuk mandiri dan terpisah dari orang tua adalah kontrak rumah. Ini adalah hal yang sangat lumrah dilakukan oleh banyak keluarga yang mungkin kurang mampu dan langsung ingin pisah dari orang tua. Dan biasanya selalu ada cerita di mana orang itu akan selalu pindah-pindah tempat tinggal karena pindah kontrakan. Dengan banyak alasan, mulai dari harga sewa yang semakin tinggi atau mungkin karena mungkin kontrakan rumah akan dipergunakan sendiri oleh pemilik. Oleh karena itu biasanya pada fase ini keluarga bisa dibilang nomaden, karena biasanya masih pindah-pindah tempat tinggal. Ini adalah bagian perjuangan yang biasanya dialami banyak keluarga.

Mengajukan KPR Bank

Proses berikutnya adalah proses harapan untuk bisa memiliki rumah sendiri dari pekerjaan yang dimiliki yang mungkin sudah cukup kuat. Biasanya penghasilan yang cukup besar dan bisa menabung sedikit akan membuat orang bermimpi untuk mengajukan kredit. Dan sekarang memang ada banyak sekali kredit bank yang memang dikhususkan untuk membeli rumah terutama untuk perumahan ya. Biasanya memang KPR itu akan lebih mudah diajukan apabila untuk membeli perumahan, dan memang kebanyakan pasarnya adalah itu. Dan desain yang sebenarnya bisa disesuaikan dengan keinginan. Banyak juga sih jasa arsitek rumah di Surabaya yang masuk dan bekerja sama dengan developer perumahan.

Salah satu kendala yang muncul ketika menggunakan jalan KPR itu adalah soal gaji atau pemasukan yang mungkin tidak mencukupi. Karena memang target dari bank agar supaya pinjaman bisa tertagih adalah dengan menerima yang memiliki gaji yang cukup besar saja. Biasanya yang dibutuhkan itu adalah penghasilan yang nominalnya itu 2 kali lipat dari total angsuran yang dibayarkan setiap bulannya. Dan ada banyak juga persyaratan yang lainnya yang mungkin membuat orang banyak yang gagal untuk mengajukan KPR. Dan banyak juga keluarga yang akhirnya ditolak oleh bank untuk mengajukan KPR dengan berbagai macam alasan dan akhirnya kandas lagi impian untuk memiliki rumah.

Membangun Rumah Secara Bertahap

Setelah menyadari kenyataan yang pahit itu akhirnya mulai berusaha untuk menabung dan membangun rumah sendiri dari nol. Biasanya karena menemukan informasi kalau sebenarnya bahan bangunan itu tidak semahal seperti yang diperkirakan sebelumnya. Kemudian akhirnya menabung untuk bisa membangun rumah sendiri dari nol untuk keluarga dan untuk hunian mereka. Setelah tabungan sudah mencukupi barulah kemudian mereka akan memulai untuk membeli tanah dan kemudian membangun rumah. Salah satu metode yang dipakai adalah membangun rumah secara bertahap menyesuaikan adanya uang yang dimiliki. Jadi meskipun mungkin jadinya lama, akan tetapi biaya yang dikeluarkan sesuai dengan yang dimiliki termasuk untuk jasa arsitek rumah di Surabaya.

Secara konsep sebenarnya sih hampir sama saja dengan KPR, hanya saja untuk cara bertahap ini kita belum bisa tinggal langsung di sana. Akan tetapi secara kepemilikan sebenarnya sama, di mana kita akan bisa memiliki rumah tersebut secara bertahap juga. Untuk pembangunan rumah secara bertahap ini sebenarnya ada beberapa langkah, salah satunya adalah mulai membangun dari ruangan terpenting dulu. Seperti misalnya adalah ruangan kamar mandi dan juga kamar, karena dengan begitu akan bisa lebih cepat untuk ditinggali rumahnya. Jadi bila ingin membangun rumah secara bertahap perhatikan ruang-ruang yang dibangun itu harus yang penting dulu yang diutamakan.

Desain Rumah

Desain rumah yang kami pilih adalah desain yang minimalis, karena kami berupaya untuk menekan pengeluaran dan biaya. Memang desain minimalis ini bisa Anda pilih apabila memang memiliki budget atau anggaran yang mungkin tidak terlalu besar. Bagaimana kita menekan ego dan keinginan rumah yang besar atau mewah adalah kunci untuk membangun rumah dari nol terutama untuk orang menengah ke bawah. Tapi jangan Khawatir, karena memang desain yang minimalis pun sebenarnya tidak sepenuhnya jelek atau tidak nyaman juga. Banyak juga sekarang di internet desain minimalis yang bisa tetap membuat kita nyaman tinggal di sana. Dan itulah gunanya jasa arsitek rumah di Surabaya.