Benarkah Nasi Dingin Baik Untuk Diabetes?

Nasi putih bagi penderita diabetes itu memang terbilang cukup berbahaya bila dikonsumsi, karena bisa meningkatkan gula darah. Namun memang ada anggapan selain mengonsumsi obat gula darah, ada baiknya juga bila penderita diabetes itu mengonsumsi nasi yang dingin. Lalu yang menjadi pertanyaan adalah apakah hal tersebut benar adanya? Mari kita simak penjelasan kami di bawah ini.

Penyakit Diabetes Melitus memang sudah diketahui sebagai penyakit yang menyebabkan kandungan gula dalam darah meningkat cukup tinggi. Dan para penderita diabetes itu memang sudah memiliki kewajiban untuk membatasi makanan mereka, terutama makanan dengan indeks glikemik yang tinggi. Dan salah satu makanan yang mengandung indeks glikemik yang terbilang cukup tinggi itu adalah nasi putih.

Manfaat Mengonsumsi Nasi Dingin Bagi Penderita Diabetes

Nasi putih itu memiliki zat pati atau karbohidrat yang sangat cepat diserap dan juga dicerna oleh usus dengan sangat cepat. Hal itu yang kemudian membuat kandungan gula di dalam darah itu jadi jauh lebih cepat juga meningkat. Nah apabila zat pati tersebut diubah menjadi zat pati resisten, maka karbohidrat atau zat pati tersebut jadi sulit untuk dicerna.

Cara untuk mengubah zat pati menjadi zat pati resisten itu adalah dengan menyimpan nasi yang sudah matang ke dalam kulkas. Suhu dari kulkas yang diperlukan untuk bisa menyimpan nasi dan mengubahnya menjadi zat pati resisten itu adalah di suhu 4 derajat Celsius. Karena zat pati resisten lebih sulit dicerna, sehingga membuat nasi dingin ini bisa dikonsumsi lebih aman untuk penderita diabetes.

Nah berikut ini kami akan coba jelaskan beberapa manfaat dari konsumsi nasi dingin sebagai solusi selain obat gula darah untuk para penderita diabetes.

  1. Meningkatkan Kinerja Dan Produksi Insulin

Orang yang menderita diabetes itu sebenarnya mengalami gangguan pada insulin, insulin ini bisa membantu mengubah gula menjadi energi. Jadi bisa dibilang insulin ini adalah hormon yang akan bisa membantu untuk mengendalikan kadar gula di dalam darah. Gangguan insulin ini tentunya membuat kadar gula darah itu bisa menjadi cukup tinggi.

Nasi putih dingin dengan zat pati resisten itu bisa membantu meningkatkan kinerja insulin melalui lemak dalam tubuh. Pati Resisten ini akan dicerna di usus dan kemudian menghasilkan asam propionat yang sangat membantu kinerja hormon insulin. Kinerja hormon insulin di lemak ini akan bisa menjaga kadar gula darah di dalam tubuh.

  1. Membantu Mengontrol Kadar Gula

Nasi putih dingin ini memang memiliki indeks glikemik yang jauh lebih rendah dibandingkan nasi putih yang baru matang. Tentunya ini membuat nasi dingin ini jauh lebih aman untuk dikonsumsi oleh para penderita diabetes. Karena nasi dingin ini pun jadi sangat membantu sekali mengontrol gula darah yang sangat penting dilakukan penderita diabetes.

  1. Memiliki Peran Sebagai Prebiotik

Pati resisten yang ada pada nasi dingin itu sebenarnya bisa juga berperan sebagai prebiotik bagi bakteri baik. Karena sebenarnya prebiotik adalah zat nutrisi yang tidak dapat dicerna untuk bakteri baik, dan pati resisten seperti itu. Dan dengan begitu bakteri baik akan lebih kuat dan akan bisa melindungi dari bakteri jahat dan juga jamur yang menginfeksi.

  1. Menurunkan Kolesterol Dalam Darah

Beberapa studi juga menunjukkan kalau pati resisten ini pun akan bisa mengurangi kolesterol dan juga trigliserida yang dalam tubuh. Jadi bisa dibilang juga kalau nasi dingin itu akan sangat membantu untuk menurunkan kolesterol yang ada di dalam tubuh. Namun memang manfaat yang ini pun masih sangat perlu ada penelitian yang lebih lanjut untuk mengetahui efektivitasnya.

  1. Membuat Tidak Cepat Lapar

Selain obat gula darah, nasi putih dingin itu sangat baik untuk penderita diabetes, karena bisa membantu program diet dari penderita diabetes. Karena pati resisten pada nasi dingin ini proses untuk dicerna itu jauh lebih lambat dibandingkan nasi panas. Hal ini membuat Anda lebih kenyang dan juga tidak mudah lapar, jadi sangat bisa membantu untuk menurunkan berat badan.

Hal Yang Perlu Diperhatikan Sebelum Makan Nasi Dingin

Bila dilihat dari penjelasan kami di atas, maka bisa disimpulkan kalau memang anggapan nasi dingin aman untuk penderita diabetes itu ada benarnya. Namun memang bukan berarti bisa mengonsumsi nasi dingin ini secara sembarangan ya, ada beberapa hal yang harus diperhatikan. Berikut ini beberapa hal penting yang harus dilakukan sebelum memakan nasi dingin khusus untuk penderita diabetes.

  1. Untuk bisa mendapatkan hasil yang efektif dalam menurunkan gula darah, maka harus mengonsumsi nasi dingin ini secara rutin. Lebih baik lagi kalau menjadi kebiasaan untuk memakan nasi dingin dibandingkan dengan nasi baru matang.
  2. Nasi putih dingin ini baiknya dipanaskan terlebih dahulu sebelum dikonsumsi, agar tekstur lebih enak dimakan. Selain itu juga bisa membunuh berbagai bakteri pada nasi yang sudah dingin ini.
  3. Nasi putih yang akan didinginkan itu sebaiknya ditempatkan di wadah yang bersih, untuk menghindari pertumbuhan bakteri.
  4. Meskipun nasi putih dingin aman dikonsumsi penderita diabetes, namun tetap harus memperhatikan makanan yang lainnya juga. Sebaiknya dimakan bersamaan dengan makanan yang sehat.

Penerapan nasi dingin ini memang hanya membantu untuk menjaga gula darah, namun sangat perlu untuk tetap melakukan olahraga. Olahraga ringan dan rutin secara bila perlu konsumsi obat gula darah sangat membantu menjaga gula darah pada penderita diabetes.