4 Manfaat Utama Sebum bagi Kesehatan Kulit

Bagi kamu yang penasaran dengan manfaat MS Glow dan sebum sehingga perhatikan penjelasan di bawah ini. Sebum merupakan zat berminyak yang dihasilkan oleh kelenjar minyak pada kulit kita. Biasanya kulit yang terlalu banyak mengandung sebum bisa menyebabkan komedo dan jerawat. Sebum ini memiliki fungsi untuk menjaga kelembapan kulit secara alami.

Namun masih banyak masyarakat yang kurang memahami manfaat dari sebum untuk kesehatan kulit sehingga tidak dijaga keseimbangannya dengan baik. Padahal jika menjaga keseimbangan sebum bisa mencegah berbagai permasalahan pada kulit wajah. Nah, berikut ini merupakan 4 manfaat utama sebum bagi kesehatan dan cara menjaga keseimbangan sebum dengan baik.

4 Manfaat Utama Sebum bagi Kesehatan Kulit

4 manfaat sebum bagi kesehatan kulit yang paling umum adalah :

  1. Melindungi Kulit dari Mikroba

Sebum juga bermanfaat untuk melindungi kulit dari mikroba yang cukup berbahaya bagi kulit. Kadar minyak sangat mempengaruhi pH kulit wajah dan jika kulit wajah dengan jumlah minyak yang tinggi maka mempunyai angka pH yang rendah yaitu sekitar 4 hingga 6.

Sehingga sebum dapat menjaga keasaman dan melindungi kulit dari mikroorganisme yang berbahaya. Kulit yang asam bisa membunuh bakteri serta jamur yang dapat menginfeksi kulit kamu.

  1. Melindungi Kulit dari Sinar Matahari

Kandungan squalene yang terdapat di minyak alami kulit bisa melindungi kulit dari kerusakan akibat terkena paparan sinar UV. Saat kulit terpapar sinar UV, maka squalene bisa memberikan sinyal ke sistem kekebalan tubuh untuk melindungi kulit. Sehingga saat terkena sinar matahari biasanya kulit akan memproduksi minyak alami secara otomatis.

Untuk melindungi kulit dari papasan sinar UV juga bisa menggunakan sunscreen dari MS Glow. Kamu juga bisa mendapatkan produk skincare lainnya dan dapatkan banyak manfaat MS Glow untuk kulit wajah kamu.

  1. Menjaga kelembapan Kulit

Sebum bisa menjaga hidrasi kulit sebab minyak alami ini bisa melapisi permukaan kulit. Nah, hal ini dapat mencegah penguapan air yang terdapat atau terkandung di dalam kulit kita. Minyak alami satu ini juga dapat membantu melembutkan kulit jadi tidak mengelupas serta pecah-pecah.

  1. Mengatur Suhu Tubuh

Sebum memiliki manfaat untuk mengatur atau menjaga subuh tubuh dengan baik. Suhu lingkungan yang dingin bisa membuat kulit cepat kering. Nah, untuk menjaga suhu tubuh tetap seimbang, maka kulit akan memproduksi banyak minyak dan sedikit keringat.

Sehingga sebum bisa membantu menjaga keseimbangan suhu tubuh dan juga kelembapan kulit kita di saat cuaca dingin.

Nah, itu dia 4 manfaat utama sebum bagi kesehatan kulit yang perlu kamu ketahui.

Cara Menjaga Keseimbangan Sebum dengan Benar

Cara jitu menjaga keseimbangan sebum pada kulit wajah dengan benar adalah :

  1. Menggunakan Pembersih secara Lembut

Cara jitu menjaga keseimbangan sebum dengan benar adalah dengan menggunakan pembersih secara lembut. Saat membersihkan kulit wajah dengan facial wash pastikan untuk melakukannya dengan lembut untuk mengangkat kotoran pada kulit wajah. Selain itu, kamu harus memilih facial wash yang tepat sehingga tidak menyebabkan kulit kering.

Setiap jenis kulit membutuhkan produk pembersih wajah yang berbeda-beda. Namun kamu tidak perlu khawatir karena bisa mendapatkan produk pembersih wajah dari MS Glow dan sebelum menggunakannya pastikan untuk mencari tahu informasi manfaat MS Glow terlebih dahulu.

  1. Membersihkan Wajah dengan Baik

Membersihkan wajah dengan baik yaitu pada pagi, malam dan juga setelah olahraga. Jangan malas membersihkan wajah secara rutin namun jangan terlalu sering juga supaya tidak merusak kulit wajah Anda. Dengan membersihkan wajah secara rutin bisa mengurangi minyak berlebih dan juga pastikan tidak memakai sabun dengan scrub.

  1. Memilih Produk Skincare dengan Bahan Bebas Minyak

Pastikan kamu memilih produk skincare dengan bahan bebas minyak, seperti produk moisturizer atau pelembap dengan kandungan minyak sehingga bisa memicu jumlah sebum berlebih. Penggunaan produk skincare dengan bahan minyak dapat membuat pori-pori kulit wajah tersumbat sehingga bisa memicu munculnya jerawat.

  1. Mengaplikasikan Sunscreen

Jangan lupa untuk mengaplikasikan sunscreen setiap siang untuk menjaga kulit dari paparan sinar UV secara langsung. Kulit kering adalah salah satu tanda kerusakan kulit akibat terkena paparan sinar matahari sehingga kamu harus mengaplikasikan sunscreen setiap hari dengan SPF 30 paling minimal.

  1. Mengoleskan Pelembap Wajah

Selain mengaplikasikan sunscreen, kamu juga wajib mengoleskan pelembap wajah. Meskipun kamu memiliki tipe kulit berminyak namun mengoleskan pelembap juga penting untuk menjaga kulit tetap terhidrasi. Dengan cara ini bisa membantu menjaga jumlah sebum pada kulit wajah kamu.

Apabila kulit terlalu kering akan memicu memproduksi minyak berlebih sehingga kulit terasa tidak nyaman dan bisa menyebabkan masalah pada kulit wajah kamu nantinya. Oleh sebab itu, kamu perlu menggunakan pelembap wajah setiap hari.

  1. Memilih Bahan Pelembap yang Tepat

Pastikan kamu memilih bahan pelembap wajah yang tepat, terlebih lagi untuk jenis kulit kering. Bagi kamu yang memiliki kulit kering bisa memilih pelembap yang berbahan ceramide dan squalene. Sedangkan untuk kulit berminyak memilih pelembap yang mengandung bahan niacinamide.

Ceramide dan squalen merupakan kandungan seperti pelembap alami kulit. Kemudian, niacinamide berfungsi untuk mengontrol minyak berlebih pada kulit wajah kamu.

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai manfaat dan cara menjaga keseimbangan sebum dengan baik. Jika kamu ingin merawat kulit wajah dengan baik bisa menggunakan produk skincare terpopuler dan cari tahu manfaat MS Glow untuk kulit kamu.