6 Keistimewaan Ibadah Umroh Yang Terbaik

Umroh merupakan Haji kecil yang bisa dilakukan kapan saja tanpa harus menunggu bulan Dzulhijjah. Sehingga Umrah bisa dilaksanakan kapan saja dan menjadi alternatif ibadah Haji. Adapun secara bahasa, umrah memiliki asal kata berupa I’timar yang artinya berziarah.

Umroh pun memiliki juga syarat wajib dan rukun ibadah yang harus ditaati. Walaupun disebut Haji kecil, ada pula keistimewaan yang dimiliki ibadah Umroh. Apa saja keistimewaan dari ibadah yang satu ini? Maka berikut ini adalah pembahasan singkat untuk Anda tentang keistimewaan dari ibadah Umroh.

Semoga dengan mengetahui keistimewaan dan keutamaan dari ibadah ini membuat Anda lebih bersemangat untuk berangkat Umroh. Setelah itu barulah Anda bisa melakukan survei harga paket Umroh yang ada di sekitar daerah Anda.

Keutamaan dan Keistimewaan Ibadah Umroh

Walaupun dianggap sebagai Haji kecil, Umroh memiliki keistimewaan yang memberikan pahala kepada umat muslim yang melaksanakannya. Adapun beberapa keistimewaan yang bisa Anda ketahui tentang ibadah Umroh. Apa saja keutamaan dan keistimewaan ibadah yang satu ini? Berikut adalah informasi singkatnya untuk Anda.

  1. Dianggap Sebagai Berjihad

Adapun sabda dari Nabi Muhammad SAW tentang ini. Sabdanya adalah “Jihadnya orang yang telah tua, anak – anak, orang lemah, dan juga wanita adalah Haji dan Umrah.” (HR An-Nasaiy). Adanya hadist tersebut memperkuat bahwa ibadah Haji dan umrah yang dilaksanakan umat muslim juga dianggap sebagai jihad di jalan Allah SWT.

Jadi Anda yang baru bisa umrah dan belum bisa Ibadah Haji, maka Anda tidak perlu khawatir. Hal ini karena amalan yang sedang Anda perbuat di ibadah Umroh sudah dianggap sedang berjihad untuk Allah SWT.

  1. Sebagai Penghapus Dosa

Adapun riwayat hadist dari Bukhari dan Muslim yang mengatakan bahwa Umroh sampai ke Umroh berikutnya adalah kafarat dosa di antara keduanya serta Haji mabrur tidak ada balasannya selain surga. Hal ini bisa diartikan jika Allah SWT menghapus dosa – dosa yang telah berlalu diantara umrah ke umrah yang berikutnya.

Sehingga ketika Anda bisa umrah lagi setelah ibadah Umroh atau Haji, maka bisa dilakukan agar dosa dapat terhapus. Bagi Anda yang berminat untuk melakukan Umroh bisa mengecek terlebih dahulu harga paket Umroh.

  1. Doa Terkabul

Adapun keutamaan dan keistimewaan dari ibadah Umroh adalah doa dapat dikabulkan. Tentu saja doa yang baik dan sesuai dengan kebutuhan yang diperlukan saat ini oleh umat-Nya akan dikabulkan. Ada hadist yang mengatakan bahwa jamaah yang berkunjung ke tanah suci untuk melakukan ibadah Haji atau umrah akan dianggap sebagai tamu oleh Allah SWT.

Lalu keistimewaan yang diberikan tamu oleh Allah SWT adalah doa yang akan dikabulkan. Jadi jika Anda memiliki hajat atau keinginan yang sangat serius namun belum mampu untuk Haji, maka bisa dilakukan dengan cara pergi umrah.

  1. Jemaah Yang Wafat Pada Saat Mengerjakan Ibadah Umroh Akan Dicatat Pahalanya

Ketika ada jemaah yang meninggal pada saat Umroh, maka pahalanya akan dihitung sampai akhir. Hal ini menjadi sebuah keutamaan yang sangat besar karena sudah pasti meninggal dalam keadaan sedang beribadah akan mendapatkan ganjaran surga di hari akhir nantinya.

  1. Akan Dijanjikan Surga

“Bahwa orang – orang yang melakukan umrah akan diberi keistimewaan dengan ganjaran Surga.” Hadist riwayat Bukhari tersebut menjamin bahwa orang yang melaksanakan umrah akan diberikan surga kelak ketika ia meninggal.

Jadi jika Anda belum bisa melaksanakan Haji, lebih baik laksanakan umrah. Hal ini memiliki keutamaan yang sangat baik untuk kehidupan Anda. Semoga kita bisa diberangkatkan umrah agar bisa mendapatkan surga yang sudah dijanjikan. Amin.

  1. Tidak Menyebabkan Kefakiran

Memang dalam syarat wajib untuk bisa melaksanakan Umroh adalah hanya orang yang mampu. Untuk orang yang mampu, maka silahkan jika ada kesempatan untuk bisa melaksanakan ibadah umrah atau Haji. Minimal dengan cara mengetahui harga paket Umroh terlebih dahulu atau paling tidak ajak beberapa orang yang ingin Anda ajak Umroh.

Satu hal yang pasti adalah Haji atau Umroh tidak akan menyebabkan seseorang menjadi fakir. Hal ini dijelaskan juga dalam Hadist Riwayat Tarmidzi yang intinya adalah Haji dan umrah dapat menghilangkan dosa, bahkan kefakiran.

Apakah Anda sudah memahami keutamaan dan keistimewaan tentang mengerjakan ibadah Umroh. Jika Anda sudah mengetahuinya, maka jangan melewatkan kesempatan mendapatkan surga yang dijanjikan oleh Allah SWT. Pastinya Anda bisa mulai dengan mengecek harga paket Umroh terlebih dahulu dan mendiskusikan jadwal yang tepat untuk Anda bisa melakukan ibadah ini.

Selagi masih ada kesempatan, maka jangan sampai kesempatan itu hilang dan Anda menyesal di kemudian hari. Ibadah Haji atau Umroh akan menjadi pengalaman ibadah yang menarik bagi seluruh umat-Nya yang melaksanakannya.