Rekomendasi Wisata Alam di Medan 2024

Bagi Anda yang ingin mengisi waktu senggang dengan liburan di Pulau Sumatra, Kota Medan bisa menjadi pilihan Anda. Kota Medan merupakan kota terbesar ketiga di Indonesia. Medan tidak hanya identik dengan durian saja, tetapi ada beberapa tempat wisata alam yang dapat menyejukkan mata Anda.

Maka dari itu Kota Medan bisa menjadi pilihan untuk Anda kunjungi saat liburan. Bagi Anda yang baru pertama kali ke Medan sebaiknya gunakan paket wisata Medan 4 hari 3 malam agar dapat mengefisienkan waktu liburan Anda.

7 Rekomendasi  Wisata Alam Di Medan

Kota Medan ternyata memiliki keindahan alam yang bisa Anda kunjungi untuk menyegarkan pikiran. Sebagai bahan referensi saat liburan, berikut akan kami bagikan rekomendasi tempat wisatanya.

Air Terjun Sipiso-piso

Salah satu destinasi air terjun tertinggi yang ada di Indonesia. Anda akan menikmati pemandangan yang indah dan tidak bisa Anda temukan di kota lain. Air terjun ini memiliki ketinggian 120 meter. Saat mengunjungi air terjun ini, Anda akan melihat pemandangan dengan latar belakang Danau Toba serta Pulau Samosir.

Danau Toba dan Pulau Samosir

Salah satu danau vulkanik terbesar di Indonesia bahkan Asia Tenggara. Danau Toba menyajikan pemandangan yang luar biasa maka tidak salah menjadi tempat wisata favorit saat di Medan dan wajib dikunjungi bagi wisatawan. Di tengah Danau Toba terdapat Pulau Samosir yang bisa Anda kunjungi dimana Anda akan melihat rumah asli Batak dengan jejak kisahnya, desa-desanya dan kuburannya.

Tjong A Fie Mansion

Nikmati juga museum bangunan tua, dimana sebelumnya merupakan tempat tinggal Tjong A Fie Mansion. Museum ini memiliki bangunan dengan memadukan gaya Melayu, China kuno dan Eropa sehingga banyak yang tertarik untuk melihat museum tersebut.

Dari museum tersebut Anda bisa melihat koleksi foto-foto dan perabotan dari keluarga Tjong A Fie Mansion. Jika Anda ingin mengunjungi museum tersebut perlu membeli tiket masuk seharga Rp.35.000 per-orang.

Bukit Gundaling Berastagi

Bukit yang berada di daerah Berastagi. Saat berada di bukit Gundaling Berastagi Anda bisa melihat pemandangan yang indah dari atas apalagi saat sunrise atau sunset. Bukit yang berada di ketinggian 1.575 meter dari permukaan laut.

Tentu untuk mencapai bukit tersebut Anda harus jalan kaki, naik sado ataupun naik kuda. Dengan adanya transportasi tradisional maka memudahkan Anda sampai di bukit, namun jika Anda ingin menikmati selama di perjalanan bisa jalan kaki menuju bukit Gundaling Berastagi.

Istana Maimun

Jika Anda ingin menikmati wisata di kota bisa kunjungi Istana Maimun yang dibangun oleh Sultan Makmun Al-Rasyid Perkasa Alamsyah. Istana tersebut dibangun oleh arsitek Italia dengan gaya arsitektur Islam, Eropa dan melayu. Untuk dapat menikmati keindahan Istana tersebut Anda perlu mengeluarkan biaya sebesar Rp.5000 per-orang.

Kawah Putih Dolok Tinggi Raja

Kawah yang dikelilingi oleh batu kapur dimana kawah ini berisi air panas berwarna biru kehijauan. Ada aliran sungai menyatu dengan curahan air kawah sehingga sering digunakan oleh pengunjung untuk mandi sebab tidak terasa panas.

Tangkahan Langkat

Tempat wisata alam dimana Anda bisa memandikan gajah sambil berkeliling menikmati kesejukan hutan. Namun Anda juga bisa melakukan trekking untuk menikmati pemandangan yang tidak kalah menarik.

Beberapa Hal yang Perlu Dipersiapkan Sebelum Liburan

Itulah beberapa tempat wisata yang dapat dijadikan tempat petualangan saat berlibur ke Medan, Anda bisa gunakan paket wisata Medan 4 hari 3 malam supaya lebih banyak menikmati wisata alam di Medan. Ada beberapa yang perlu disiapkan sebelum liburan:

Tentukan kota tujuan untuk liburan

Pastikan Anda sudah menentukan kota tujuan untuk liburan karena akan berpengaruh terhadap dana yang dibutuhkan serta lamanya wisata yang akan dikunjungi. Bahkan akan menentukan pakaian yang perlu disiapkan untuk liburan.

Siapkan dana liburan

Menjadi hal penting ketika memiliki rencana liburan yaitu siapkan dana. Ketika sudah menentukan kota yang dituju maka Anda bisa menentukan anggaran kasar mulai dari harga agen travel hingga anggaran membeli oleh-oleh. Namun untuk berjaga-jaga jika terjadi suatu hal yang tidak diinginkan sebaiknya Anda lebihkan budget dana yang diperlukan untuk liburan.

Hindari musim liburan

Salah satu tips supaya tidak mendapatkan harga yang mahal saat liburan sebaiknya hindari musim liburan karena mulai dari tiket tempat wisata, akomodasi hingga hotel akan mengalami kenaikan hingga dua kali lipat dari harga normal. Tidak hanya itu saja, dengan menghindari musim liburan Anda akan mendapatkan tujuan dari liburan yaitu menikmati wisata tanpa terlalu banyak orang.

Siapkan kondisi fit

Ketika sudah menentukan kapan akan berlibur, jagalah kondisi badan supaya Anda bisa menikmati liburan tanpa hambatan karena daya tahan tubuh yang rendah. Oleh sebab itu, dua minggu sebelum liburan jangan lupa untuk olahraga supaya imun Anda tetap terjaga. Dengan begitu liburan Anda sesuai rencana.

Siapkan kebutuhan pokok

Jangan lupa siapkan kebutuhan pokok seperti pakaian yang nanti akan digunakan selama liburan. Hal yang perlu diingat pastikan membawa pakaian yang sesuai dengan tempatnya jangan sampai pakaian yang Anda gunakan tidak nyaman untuk mengunjungi tempat wisata. Siapkan juga peralatan mandi dan obat seperti obat flu, batuk serta vitamin.

Pilih agen travel

Saat liburan Anda bisa liburan tanpa gunakan agen travel atau dengan agen travel. Jika Anda memiliki waktu luang dan lebih suka mempersiapkan sendiri untuk liburan maka bisa tidak menggunakan agen travel. Namun jika Anda tidak memiliki waktu luang maka bisa gunakan agen travel untuk berlibur. Hanya saja pemilihan travel tidak boleh asal-asalan karena Anda akan rugi.

Jika Anda sudah menentukan kota yang akan dikunjungi Anda bisa segera cari agen travel. Pilih paket wisata Medan 4 hari 3 malam supaya Anda dapat menikmati Kota Medan dengan puas. Pilihlah travel yang profesional yang memberikan layanan terbaik.

Anda bisa pilih paket dari travel tersebut yang menyediakan wisata sesuai keinginan Anda. Jangan lupa bandingkan harga dengan wisata serta fasilitas yang didapat apakah sesuai atau tidak. Hal yang perlu diingat jangan tergiur dengan iklan travel murah, pastikan sebelumnya Anda meriset agen travel terlebih dahulu.