Web Tutorial: Jenis Website dan Cara Membuatnya

Mempelajari hal baru mengenai tutorial web tentu tidak bisa lepas dari jenisnya. Jenis website di jaringan internet cukup beragam yaitu dapat dikelompokkan berdasarkan fungsi, platform hingga sifatnya. Bagi yang ingin tahu lebih banyak bisa simak penjelasan lebih lengkapnya di bawah ini.

Apa Saja Jenis Website?

Dalam membuat website, ada berbagai hal yang perlu dipertimbangkan agar memperoleh website sesuai dengan kebutuhan, proses maintenance yang mudah dan biaya yang murah. Untuk itu, sangat penting sekali mengenal jenis website.

Berikut ini adalah jenis website berdasarkan fungsi, platform dan sifatnya.

Website Berdasarkan Fungsi

Jenis website apabila didasarkan pada fungsi dan tujuannya, dibagi menjadi beberapa jenis diantaranya adalah:

E-commerce

Meskipun banyak media yang dapat digunakan dalam berbisnis online seperti sosial media dan marketplace, seorang pebisnis online pun harus memiliki website pribadi. Website ini akan memberikan manfaat pada perkembangan bisnis digital yang dijalaninya.

Dalam proses transaksi digital, Anda dapat mengarahkan calon konsumen untuk bertransaksi melalui website. Hal ini ternyata memberikan manfaat bagi pemilik bisnis karena pencatatan transaksi dilakukan secara otomatis pada website dan dapat mengevakuasi perkembangan bisnis dengan tools analytics.

Blog

Blog cukup populer digunakan sebagai penyalur hobi menulis. Dengan adanya blog ini, Anda dapat mempublikasikan karya tulis baik dalam bentuk pengalaman, opini hingga cerita perjalanan yang dapat menghasilkan cuan.

Website Berita

Seiring dengan perkembangan teknologi, portal berita online lebih banyak diminati dibandingkan dengan media cetak atau TV. Anda akan merasa update menemukan informasi melalui website berita dibandingkan menunggu siaran TV. Apalagi didukung dengan ponsel pintar sehingga informasi paling update dapat diperoleh tanpa adanya batasan waktu dan ruang.

Website Perusahaan

Meskipun tidak melakukan transaksi secara online, sebuah perusahaan harus memiliki website yang berkualitas. Hal ini perlu dilakukan agar calon konsumen dapat memperoleh informasi terkait perusahaan melalui website resminya.

Dengan adanya website perusahaan, hal ini akan meningkatkan kepercayaan calon konsumen yang mana berdampak pada pertumbuhan bisnis Anda.

Website Instansi Pemerintahan atau Organisasi

Instansi pemerintah atau organisasi biasanya memiliki website yang digunakan untuk memberikan informasi tertentu pada masyarakat. Domain yang digunakan website ini pun khusus yaitu .org, .og atau or.id.

Media Sharing

Website banyak dibuat untuk tujuan sharing. Website ini digunakan untuk berbagi file, foto, musik hingga video yang diupload oleh user sehingga dapat dinikmati oleh semua pengunjung website.

Website Berdasarkan Platform

Dalam membuat website, ada 3 platform paling populer yang ramai digunakan yang mana dikelompokkan sebagai website berdasarkan platform adalah:

CMS

CMS bukan hal yang baru dalam membuat atau mengatur konten digital. Tidak heran jika CMS ini cukup populer di kalangan pembuat web. Apalagi platform ini dikenal sebagai platform yang mudah dioperasikan. Tentu sangat familiar bagi para pemula.

Platform CMS sering digunakan untuk membuat website toko online, blog hingga company profil. Meskipun dikenal sebagai platform yang mudah, Anda pun perlu memperhatikan langkah-langkah dalam membuat website mengingat jenis CMS pun bervariasi. Namun, Anda tidak perlu khawatir karena untuk tutorial penggunaan CMS dapat diakses di jaringan internet.

Website Builder

Tidak berbeda dengan CMS, website builder juga termasuk platform pembuatan website yang paling mudah. Tanpa memerlukan pemahaman mengenai coding dan kemampuan dalam mendesain website, membuat website akan semakin cepat dengan menggunakan website builder.

Kecepatan dalam membuat website membuat website builder sangat cocok digunakan untuk Anda yang ingin membuat website dalam waktu singkat. Beberapa contoh website builder paling populer adalah site builder, wix dan weebly. Ketiga website builder ini tidak membutuhkan kemampuan teknis dan waktu yang lama untuk mempelajarinya.

Website builder banyak dipilih dalam membuat web bukan hanya karena cepat saja melainkan banyak kelebihan lainnya. Seperti, Anda memperoleh paket lengkap dalam membuat website yaitu domain, template, hosting dan lain sebagainya. Pengguna builder ini hanya perlu mengganti konten saja dan apabila terjadi kendala maka dapat dibantu oleh builder support yang disediakan oleh pemilik builder..

HTML atau CSS

Platform HTML atau CSS merupakan platform pembuat website yang membutuhkan pemahaman mengenai coding. Ini artinya, dalam membuat website hanya dapat dilakukan oleh pengguna yang handal dan berpengalaman saja dalam dunia coding.

Namun, tidak menutup kemungkinan jika Anda ingin membuat website jenis ini. Anda hanya perlu memahami pemrograman HTML atau CSS. Selain itu, perlu juga didukung software seperti Sublime Text, Notepad ++ dan Text Wrangler.

Website Berdasarkan Sifat

Terakhir, jenis website berdasarkan sifat dibagi menjadi 2 yaitu:

Website Statis

Sesuai namanya, website statis merupakan website dengan konten yang konstan atau tetap. Tidak ada perubahan dalam setiap laman websitenya sehingga setiap konten dibuat dengan kode HTML dan informasi yang sama sehingga setiap pengunjungnya akan memperoleh informasi yang sama.

Biasanya, website statis ini menggunakan platform HTML dan CSS sehingga hanya mampu dibuat oleh web developer yang handal karena membutuhkan coding dalam pembuatannya. Selain itu, untuk perubahan konten dari website tersebut hanya dapat dilakukan oleh webmaster atau developer saja.

Umumnya, pada website dilakukan update konten secara berkala. Namun, website statis tidak membutuhkan update berkala sehingga tidak memerlukan database. Website ini cocok digunakan untuk website perusahaan yang biasanya hanya berisi informasi dasar seperti kontak, alamat dan juga sejarah perusahaan.

Website Dinamis

Berbanding terbalik dengan website statis, website dinamis merupakan website yang membutuhkan update konten secara berkala. Website ini banyak dipilih karena lebih mudah dikelola dibandingkan dengan website statis.

Pada website dinamis, konten yang tersedia pada database hanya dapat diakses oleh webmaster dan developer. Meskipun demikian, tidak menutup kemungkinan jika user lain dapat melakukan update konten tanpa mengubah desain website.

Mudah bukan dalam membuat website? Dengan mengetahui jenis website dan cara membuatnya tentunya akan semakin membuka peluang Anda berbisnis di jaringan internet. Namun, Anda juga perlu mengetahui cara maintenance website tersebut agar traffic semakin meningkat dan terhindar dari proses loading. Upgrade skill Anda sekarang juga hanya di Cytricks.