10 Jenis Kerupuk Terpopuler di Indonesia

Ayo kenalan dengan camilan favorit mayoritas rakyat Indonesia yaitu kerupuk alias krupuk. Jadi ini adalah olahan makanan yang bertekstur renyah dan memiliki rasa gurih atau asin. Camilan yang satu ini sangat cocok untuk dijadikan camilan saat santai atau jadi teman makan nasi dan aneka masakan lainya.

Krupuk sudah menjadi makanan yang sangat umum dan bisa ditemukan di berbagai tempat mulai dari warung-warung hingga restoran atau rumah makan. Selain mudah untuk ditemukan di berbagai tempat, harganya juga relatif terjangkau. Kamu bisa mendapatkan jajanan ini mulai harga ratusan rupiah hingga puluhan ribu rupiah tergantung jenis krupuk dan tempat membelinya.

Mengenai Jenis-Jenis Krupuk

Ada banyak jenis krupuk di Indonesia, mulai dari krupuk yang biasa kamu makan di rumah sampai krupuk yang sudah jarang orang bisa temukan. Tiap jenisnya mempunyai ciri khas tersendiri yang membedakan satu dari yang lainya, maka dari itu simak artikel ini untuk lebih mengenal camilan ini lebih jauh.

1. Krupuk Bawang

Jenis krupuk yang pertama adalah krupuk bawang. Krupuk bawang sangat populer karena rasa gurih yang sangat nikmat. Seperti namanya, krupuk bawang dibuat dengan bahan tepung tapioka dan bawang putih.

Krupuk ini memiliki ciri khas dengan rasa renyah khasnya karena ada rasa dari campuran bawang putih. Dengan tampilan khasnya yang berukuran kurang lebih selebar telapak tangan anak kecil dan terdapat warna di bagian ujung tiap sisinya.

Krupuk bawang sangat mudah dijumpai karena sering digunakan sebagai bahan pelengkap makanan seperti nasi goreng dan nasi uduk kaki lima. Orang-orang juga kadang menggunakan krupuk ini sebagai sendok dalam melalap nasi goreng atau nasi uduk.

2. Krupuk Blek

Krupuk blek merupakan krupuk yang umum dikonsumsi warga Indonesia. Meskipun sudah sangat umum dikonsumsi, namun tidak sedikit orang yang belum mengetahui nama asli dari krupuk ini. Krupuk blek ini bisa ditemukan hampir di semua tempat mulai dari warung sampai warteg atau restoran.

Krupuk ini memiliki berbentuk yang bulat bergelombang membuatnya terlihat seperti bunga, maka dari itu krupuk ini juga dijuluki krupuk mawar. Krupuk ini biasanya hadir dalam warna putih namun ada juga variasi warna yang umum dipakai yaitu merah muda dan kuning.

Krupuk blek sangat mudah dijumpai di berbagai tempat mulai dari warung-warung hingga ke tempat makan seperti warteg dan restoran. Rasa gurih renyah dari krupuk ini sangat cocok untuk dijadikan teman makan berbagai sajian.

3. Krupuk Beras/Gendar

Krupuk beras atau juga disebut gendar merupakan krupuk yang terbuat dari nasi yang dicampur bahan penyedap rasa atau “bleng”. Dari segi tampilan krupuk gendar berbentuk pipih dan berwarna kuning kecokelatan. Rasa dari krupuk beras yang garing dan renyah sangat cocok dijadikan teman untuk makan berbagai santapan.

Merupakan jenis krupuk yang sangat mudah ditemui di Blora, Solo, Salatiga, Semarang, dan daerah lainya. Sebagai contoh krupuk gendar dari solo memiliki keunikan khas karena teksturnya yang garing dan lebih empuk jika dibandingkan dengan gendar dari daerah lainya.

Lihat juga : Benarkah Nasi Dingin Baik Untuk Diabetes?

4. Rengginang

Rengginang adalah kerupuk yang ketan yang sangat nikmat untuk dijadikan camilan saat bersantai sambil meminum teh di sore hari. Tidak hanya hadir dengan rasa asin gurih, rengginang juga kadang dihadirkan dengan rasa manis.

Bentuk dari krupuk rengginang ini unik, karena bentuknya lain dari krupuk normal. Bentuk dari rengginang bundar dan tebal serta terlihat seperti nasi yang digoreng kering menjadi krupuk. Hal ini dikarenakan pada dasarnya rengginang adalah beras ketan yang dijemur lalu digoreng.

5. Krupuk Kulit

Krupuk Kulit atau biasa disebut “rambak” di beberapa tempat. Sepeti pada namanya, krupuk kulit adalah olahan berbahan dasar kulit hewan seperti sapi atau kerbau yang dijadikan krupuk. Krupuk kulit memiliki tekstur yang asin gurih, renyah, serta meleleh saat dimulut.

Krupuk rambak memiliki dua jenis varian yaitu rambak sapi dan rambak kerbau. Rambak sapi memiliki warna yang lebih cerah dan berwarna putih, sementara rambak kerbau berwarna kuning dan lebih gelap. Krupuk kulit ini juga sekarang hadir dalam berbagai rasa seperti pedas asin, balado, dan lain-lain.

6. Krupuk Pasir

Krupuk pasir tidaklah terbuat dari pasir, namun dalam pembuatannya krupuk ini tidak melalui proses penggorengan seperti krupuk lainya. Krupuk pasir diolah melalu cara sangrai dengan pasir yang dipanaskan hingga membuat krupuk mengembang. Karena tidak digoreng, krupuk ini dinilai lebih sehat karena rendah kolesterol.

7. Krupuk Melinjo/Emping

Emping atau krupuk melinjo adalah pendamping makanan yang populer di berbagai daerah. Emping terbuat dari melinjo yang dipipihkan, dijemur, lalu digoreng. Rasa dari emping unik yaitu asin gurih namun ada sensasi sedikit pahit yang menjadi ciri khas tersendiri dan emping sangat cocok untuk dijadikan teman makanan yang berkuah.

8. Krupuk Ikan

Krupuk ikan merupakan krupuk yang terbuat dari campuran tepung tapioka dan ikan. Bahan ikan dalam krupuk ikan memberikan rasa dan aroma yang unik. Ikan yang digunakan biasanya menggunakan jenis ikan tenggiri atau kakap karena memiliki rasa dan aroma yang kuat.

Krupuk ikan normalnya berbentuk bulat kecil sehingga cocok dijadikan camilan. Selain jadi camilan, krupuk ini cocok sebagai pelengkap jajanan berkuah karena bentuk dan teksturnya yang mudah untuk meresap kuah.

9. Krupuk Udang

Krupuk udang merupakan krupuk yang sangat mudah ditemu di Indonesia. Krupuk ini terbuat dari campuran tepung dan udang kecil yang dihaluskan sehingga menciptakan rasa yang gurih dan memiliki aroma khas udang.

Krupuk ini dapat ditemukan di berbagai tempat seperti pasar atau toko camilan. Kamu bisa menemukan krupuk ini dalam berbagai ukuran mulai dari yang kecil hingga yang sangat lebar.

10. Krupuk Mie

Krupuk mie merupakan salah satu krupuk yang unik dengan bentuk bulat kuning mirip dengan kerupuk blek. Penamaan krupuk mie bukan karena krupuk ini terbuat dari mie, melainkan karena bentuknya keriting dan berwarna kuning menyerupai mie.

Krupuk mie sering dijumpai di penjual asinan atau pecel. Rasa yang khas dari krupuk ini sangat cocok dipadukan dengan sambal kacang maupun dengan kuah dari asinan.