Cara Mencari Modal Awal Untuk Memulai Usaha Kecil-Kecilan

Memiliki ide dan inovasi untuk memulai sebuah bisnis merupakan hal yang sangat baik. Namun, untuk mewujudkan ide dan inovasi yang Anda miliki, banyak hal perlu dipertimbangkan mulai dari modal awal hingga ke strategi – strategi yang dibutuhkan untuk memasarkan produk bisnis Anda. Tiap hal yang dipertimbangkan tersebut pun masih butuh penjabaran hal – hal lain yang terkait, seperti misalnya modal awal yang perlu dipertimbangkan bagaimana cara mendapatkannya, apakah menggunakan uang pribadi atau pinjaman yang salah satunya melalui pinjaman online dengan kode referral Indodana.

Pada dasarnya, modal awal bukanlah hal yang ada di urutan pertama ketika memikirkan suatu ide bisnis. Namun, tanpa adanya modal awal, sebuah ide bisnis dan segala faktor – faktornya hanya akan menjadi rencana dan tidak bisa berjalan dengan semestinya. Oleh karena itu, modal awal merupakan faktor yang sangat penting, meskipun bukan menjadi urutan pertama yang harus didahulukan.

Modal awal yang dibutuhkan untuk memulai sebuah ide bisnis bisa didapatkan melalui beberapa cara. Salah satu cara yang banyak dilakukan oleh para pebisnis yang memulai usahanya dari awal yaitu melalui pengajuan pinjaman. Mengajukan pinjaman sendiri pun terdapat berbagai cara, salah satunya melalui pinjaman online Indodana dan menggunakan kode referral Indodana dengan jumlah tertentu yang bisa digunakan untuk memulai bisnis Anda.

Cara Mendapatkan Modal Awal Untuk Memulai Usaha Atau Bisnis

Seperti yang telah disebutkan sebelumnya, mendapatkan modal awal bisa melalui beberapa cara. Berikut ini, beberapa cara mencari modal awal untuk memulai sebuah usaha.

  1. Tabungan milik pribadi

Cara mendapatkan modal yang pertama dan termasuk yang paling mudah yaitu menggunakan tabungan milik pribadi. Banyak orang memiliki tabungan dengan tujuan – tujuan tertentu, misalnya, pendidikan, dana hari tua, tabungan rumah, masa depan, dan lain – lain. Saat Anda memiliki sebuah ide dan konsep usaha atau bisnis yang matang, Anda bisa mengalihkan tabungan yang Anda miliki untuk menjadi modal awal usaha Anda. Namun, jangan sampai Anda menghabiskan seluruh tabungan, Anda juga tetap harus menyisihkan tabungan Anda untuk keperluan lain atau dana darurat.

  1. Meminjam kepada keluarga atau teman

Cara termudah yang kedua yaitu dengan meminjam sejumlah uang yang Anda butuhkan kepada keluarga, saudara, atau teman Anda. Saat Anda meminjam kepada keluarga, saudara, atau teman memang akan lebih fleksibel karena tidak terikat dengan beban jatuh tempo pelunasan dan bunga pinjaman, namun bukan berarti Anda bisa lepas dari tanggung jawab. Beri kepastian jangka waktu untuk mengembalikan uang yang Anda pinjam agar tidak mengganggu hubungan Anda dengan mereka.

  1. Mengajukan pinjaman

Cara yang paling umum dalam mencari dan mendapatkan modal awal untuk memulai usaha yaitu dengan mengajukan pinjaman. Pinjaman yang diajukan tersebut bisa Anda ajukan ke bank, koperasi, p2p lending, dan sebagainya. Salah satu yang belakangan banyak dilakukan oleh mereka yang ingin memulai usaha adalah mengajukan pinjaman online seperti Indodana dan menggunakan kode referral Indodana saat mengajukan pinjaman. Dengan mendapatkan modal dari pengajuan pinjaman, berarti Anda juga harus siap untuk melunasi pinjaman tersebut yang umumnya bisa diselesaikan dengan cicilan.

  1. Menggadaikan aset

Anda bisa mendapatkan modal untuk memulai bisnis atau usaha Anda dengan menggadaikan aset yang Anda miliki. Aset yang bisa digadaikan antara lain properti baik tanah ataupun bangunan, perhiasan, dan kendaraan bermotor. Menggadaikan aset merupakan salah satu alternatif yang bisa Anda lakukan untuk mendapatkan sejumlah uang yang nilanya tergantung pada aset yang Anda gadaikan tersebut.

  1. Modal dari konsumen

Cara ini bisa Anda lakukan dengan cara membuka sistem pre-order untuk produk yang Anda tawarkan ke pasar. Melalui cara ini, konsumen akan membayar DP atau uang muka terlebih dahulu (biasanya 50 persen dari harga jual) dan Anda gunakan uang tersebut untuk produksi awal.

Demikian sedikit pembahasan mengenai beberapa saran dan tips cara mendapatkan modal awal untuk memulai bisnis mulai dari menggunakan tabungan pribadi, pinjaman online dengan kode referral Indodana, hingga membuka sistem pre-order.