6 Cara Jitu Kuliah Di Luar Negri

Kuliah di luar negeri terdengar sangat bergengsi dan juga mahal, namun ternyata banyak sekali pelajar yang memimpikan dapat berkuliah di luar negeri. Melanjutkan pendidikan di luar negeri memberikan banyak pengalaman yang tidak dapat ditemukan di universitas dalam negeri. Gokampus memiliki beragam tips untuk dapat berkuliah di luar negeri.

Banyak universitas di luar negeri yang memiliki program studi yang tidak dapat ditemukan di universitas dalam negeri, sehingga banyak pelajar yang tertarik. Berkuliah di luar negeri membuat pelajar mampu hidup mandiri dan berfikir lebih kreatif. Karena bertemu dengan banyak teman dari berbagai Negara.

Tips Kuliah Di Luar Negri

Banyak universitas di luar negeri yang membuka pendaftaran terbuka bagi seluruh pelajar di dunia. Jika Anda ingin mendaftar di universitas luar negeri Anda perlu mencari informasi yang tepat. Kunjungi Gokampus untuk informasi terbaru pendaftaran mahasiswa baru di universitas impian. Berikut ini beberapa tips agar kamu dapat kuliah di luar negeri.

  1. Beasiswa

Beasiswa merupakan bantuan dana baik dari pihak kampus, pemerintah maupun instansi pendidikan. Sebagai pelajar yang ingin menghemat biaya maka Anda perlu mendaftar beasiswa untuk dapat kuliah di universitas luar negeri. Beasiswa yang diberikan biasanya membutuhkan beberapa syarat yang harus dipenuhi oleh seorang pelajar. Misalnya mampu menguasai bahasa inggris dengan baik, dan memiliki nilai diatas rata-rata. Anda perlu mencari informasi beasiswa terbaru karena kuota yang tersedia sangat terbatas, kunjungi Gokampus untuk informasi beasiswa terbaru.

  1. Pertukaran Pelajar

Bila kamu seorang pelajar yang memiliki bakat dalam bidang tertentu, maka kamu bisa mengikuti program pertukaran pelajar untuk dapat kuliah di luar negeri. Program pertukaran pelajar diadakan setiap tahun oleh universitas-universitas ternama di luar negeri. Namun program ini memiliki seleksi yang ketat, untuk dapat lolos kamu harus memiliki nilai bahasa inggris yang baik dan prestasi yang gemilang.

  1. Student Loan

Beberapa universitas di luar negeri menyediakan program student loan, dalam program ini universitas akan meminjamkan uang untuk biaya yang dibutuhkan selama perkuliahan. Jadi mahasiswa tidak perlu khawatir soal biaya kuliah dan dapat dibayarkan ketika sudah lulus dan mendapatkan pekerjaan. Dalam program student loan ini calon mahasiswa perlu membaca dengan teliti kontrak dan besaran bunga yang harus dibayarkan.

  1. Summer Course

Jika kamu tertarik untuk merasakan pengalaman kuliah di luar negeri maka kamu bisa mencoba program summer course atau kelas musim panas. Program ini biasanya diadakan oleh pemerintah daerah ataupun swasta agar pelajar asing dapat mengenal kebudayaan Negara tersebut. Kelas musim panas diadakan dalam kurun waktu yang sangat singkat yaitu sekitar 1 bulan hingga 6 bulan saja. Namun jika mendapatkan kesempatan ini kamu bisa mempelajari banyak hal di Negara yang kamu tuju.

  1. Riset

Universitas di luar negeri biasanya membuka peluang bagi pelajar asing untuk melakukan penelitian. Program ini bisa kamu ambil jika kamu sedang melakukan penelitian yang berkaitan dengan salah satu universitas di luar negeri. Tetapi untuk dapat mengikuti program ini kamu harus memiliki penelitian yang baik sehingga dapat lolos pada tahap seleksi.

  1. Volunteer

Jika kamu menyukai kegiatan relawan untuk membantu orang-orang, maka kamu cocok untuk mengikuti program volunteer. Volunteer adalah program relawan dimana kamu memberikan bantuan sukarela kepada orang-orang yang membutuhkan di luar negeri. Tidak hanya itu, kamu bisa menjadi relawan untuk penelitian yang dilakukan di universitas luar negeri yang membuka program volunteer ini.

Persiapan Kuliah Ke Luar Negri

Jika kamu ingin melanjutkan pendidikan ke luar negeri atau mengunjungi Negara lain untuk melakukan penelitian, maka kamu perlu menyiapkan berbagai hal. Salah satunya adalah uang untuk memenuhi kebutuhan selama di luar negeri. Lalu kamu juga membutuhkan passpord agar dapat pergi ke luar negeri dengan aman, pastikan juga kamu memiliki asuransi kesehatan sehingga tidak repot ketika mengalami sakit selama diluar negeri. Informasi juga dibutuhkan sebelum memutuskan untuk kuliah di luar negeri, kunjungi Gokampus untuk mendapatkan informasi lengkap.