Indihome Rumah Gangguan? Atasi Dengan Cara Ini

Mengalami gangguan pada jaringan Indihome Anda pasti sering dihadapi penggunanya. Apalagi di musim penghujan seperti saat ini pasti jaringan ini kadang melambat atau bahkan bisa hilang sinyal.

Padahal jika kita mengingat harga paket Indihome per bulannya, rasanya agak menyayangkan ketika jaringan sering gangguan atau bahkan hilang sinyalnya. Salah satu yang menyebabkan jaringan internet melambat adalah pengguna wifi yang melebihi batas, apalagi jika ada yang ikut nimbrung wifi rumah Anda.

Sebaiknya Anda ganti password Indihome agar pengguna wifi hanya sebatas keluarga Anda saja. Sehingga jaringan internet tetap stabil.

Penyebab Jaringan Indihome Gangguan

Sebelum mengetahui bagaimana menangani Indihome gangguan, baiknya Anda mengetahui dulu beberapa penyebab mengapa jaringan Indihome di rumah Anda menjadi gangguan. Berikut penyebabnya:

  • Sedang ada perbaikan/pemeliharaan jaringan internet

Di beberapa waktu Indihome akan gangguan secara serentak, biasanya ada pemeliharaan jaringan dari pusat atau di wilayah tertentu. Biasanya tidak berlangsung lama, hanya 10 menit saja.

  • Ada kerusakan pada modem Anda

Perhatikan lampu indicator pada modem Anda. jika nyala dengan warna merah, maka kemungkinan modem ada kerusakan

  • Belum Bayar Tagihan

Ini yang paling sering dilupakan, kadang kita lupa tanggal jatuh tempo tagihan Indihome. Sebaiknya lunasi tagihan sebelum tanggal jatuh tempo agar jaringan tetap stabil.

  • Jumlah Pengguna Melebihi Batas

Pastikan orang yang menggunakan wifi Anda sesuai dengan batas penggunanya. Jangan sampai ada tetangga yang diam-diam ikut wifi Anda sehingga jaringan Anda menjadi lemah.

Cara Mengatasi Indihome yang Gangguan

Setelah Anda mengetahui mengapa jaringan internet Anda melemah dan mengalami gangguan. Berikut ini adalah beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasinya:

  • Restart Modem

Cara ini adalah paling mudah dan cepat. Cukup matikan modem Anda selama 3 menit lalu nyalakan ulang. Setelah itu langsung hubungkan hp, laptop dan perangkat lain ke wifi Anda. Cara ini sepele namun cukup ampuh untuk mengatasi masalah.

  • Ganti Password Wifi

Jika setelah di cek ternyata pengguna wifi rumah Anda melebihi batas wajar, maka Anda bisa ganti password jika ada perangkat tidak dikenal nyambung dengan wifi Anda. Ganti password Indihome menjadi solusinya, cukup ketik 192.168.1.1 di browser Anda dan ikuti langkah-langkahnya.

  • Panggil Teknisi

Jika sudah melakukan cara diatas dan masih saja gangguan, sebaiknya Anda memanggil teknisi untuk mengatasi gangguan tersebut. Jalan ini adalah jalan terbaik karena mereka adalah ahlinya. Silahkan telfon ke nomor darurat 147 dan buat laporan gangguan Indihome.

Setelah laporan masuk, maka Anda akan dapat nomor keluhan pelanggan dan biasanya teknisi langsung datang di hari yang sama. Pastikan memberi data alamat lengkap agar teknisi langsung menuju rumah Anda.

  • Bayar Tagihan

Jika internet Anda tiba-tiba gangguan, coba untuk cek tagihan bulanan apakah sudah dibayar atau belum. Atau jika Anda punya tunggakan tagihan Indihome, silahkan bayar terlebih dahulu. Jika rutin dan tepat waktu membayar tagihan, maka mustahil jaringan eror kecuali ada masalah lainnya.

  • Lapor Ke Pusat Gangguan

Anda bisa melaporkan gangguan Indihome Anda ke nomor 147. Jika ingin menggunakan media sosial, Anda bisa mention atau direct messege ke Twitter @Indihome. Jika Anda menggunakan Facebook bisa langsung inbox di Facebook Indihome. Biasanya CS akan segera merespons dengan cepat.

Itulah beberapa cara untuk mengatasi gangguan Indihome rumah Anda selain dengan cara ganti password Indihome. Semoga bermanfaat.